Thursday, April 29, 2010

KEULETAN & PERJUANGAN HIDUP


Abraham Lincoln adalah contoh seorang yg ulet & pantang menyerah.
Walau mengalami banyak kegagalan dlm hidupnya,
ia bangkit kembali & tak putus asa.

Liatlah catatan kehidupannya yg dipenuhi kegagalan:

1816 – Keluarganya diusir dari rumahnya, Ia harus bekerja.

1818 - Ibunya meninggal dunia.

1831 – Bisnisnya gagal total.

1832 – Kalah dalam Dewan Perwakilan.
Ia kehilangan pekerjaan.
Mencoba masuk sekolah hukum tapi tak diterima.

1833 – Meminjam uang u/ memulai bisnis & bangkrut pd tahun yg sama.
Ia harus melunasi hutangnya selama 17 th.

1834 – Menang dlm Dewan Perwakilan.

1835 – Bertunangan, namun tunangannya meninggal & ia patah hati.

1836 – Mengalami nervous breakdown & harus berbaring di tempat tidur selama 6 bln.

1838 – Ingin menjadi Speaker of State Legislature, tp gagal.

1840 – Ingin menjadi Elector, tapi gagal.

1843 – Ingin menjadi anggota Kongres, tapi gagal.

1846 – Akhirnya berhasil menjadi anggota Kongres.

1848 – Gagal u/ dipilih kembali sbg anggota Kongres.

1849 – Melamar pekerjaan sbg land officer, tapi ditolak.

1854 – Ingin menjadi anggota Senat, tapi gagal.

1856 – Mencalonkan diri u/ menjadi Wakil Presiden, hanya mendpt kurang dr 100 suara.

1858 – Kembali mencoba u/ menjadi anggota senat, tapi kalah.

1860 – Menjadi Presiden Amerika Serikat.

1 kunci keberhasilannya,
yaitu ia tak melihat kegagalannya sbg 1 kejatuhan & akhir dr segalanya.

Lincoln berkata,
“Jln hidup yg saya lalui memang licin & saya sering tergelincir.
Tapi saya bangkit lg & berkata kpd diri saya sendiri, 'Saya hanya tergelincir & bukannya jatuh,
sehingga tak ada alasan bagi saya u/ tdk bangkit lagi'”

Apakah Anda menyebut kegagalan itu tergelincir atau kejatuhan dlm hidup Anda hanya tergantung dr niat Anda utk bangkit kembali.