Saturday, March 24, 2007

4 gl?apaan tu???

beberapa hari nan lalu, dikala hujan masih blm nongol di permukaan bumi kota padang yang panas ini, hadirlah seorang manusia bernama aku sedang bersurfing ria di dunia nan maya di sebuah esema yang merupakan kantornya. artinya apa?artinya aku adalah seorang guru. si aku ini ternyata sedang chatting di yahoo messenger, untuk seterusnya disebut YeeM, dengan seorang temannya yang berbasis di jakarte. jakarte ini adalah ibukote dari indonesie. temennya aku ini bekerja disalah satu perusahaan pembuat aplikasi komputer atau bahasa minangnya software development yang artinya si aku ini gak tau.

walau teman si aku ini laki-laki, sebut saja namanya "bunga". bunga ini bercerita kalau dia disana bekerja menggunakan software 4gl? waaaaaaaaaaaaaahh!!! apaan tu?
alih-alih tau sedikit, dengar istilahnya aja si aku ini baru kali ini (katro ya?)

ternyata 4gl tu cuma generasi berikut dari software yang ada
jadi kl ada 4gl berarti ada 1gl, 2gl, dan 3 gl dong?
pilihan berganda:
a. betul
b. betul banget
c. betul banget bana ko ha!!
d. ma tau wak
e. tuang tanyo lo kaden?
jawaban yang benar adalah "b"
keputusan juri tidak bisa diganggu gugat!!!

dari sumber yang mau tak mau harus percaya ternyata software-software yang pertama kali dikembangkan adalah software-software yang masuk ke dalam generasi pertama bahasa pemograman taw istilah kerennya 1gl.

1gl ini adalah bahasa pemograman "machine-level" yang hanya terdiri dari angka 1 dan 0. kelebihannya kode yang ditulis dapat berjalan sangat cepat dan efisien karna dieksekusi secara lansung oleh CPU, tapi bahasa mesin lebih sulit dipelajari daripada generasi bahasa pemograman yang lebih tinggi dan lebih sulit lagi untuk mengeditnya jika terjadi error.
males banget ya...

kl 2gl?
"second generation programming language" katanya suatu istilah yang merujuk pada suatu bentuk bahasa assembly, tapi itu baru katanya lho.kata siapa?kate em hehe.
tidak seperti 1 gl, pada 2 gl kodenya bisa dibaca dan ditulis secara mudah oleh manusia tapi musti di ubah ke dalam bentuk atau bahasa yang bisa dibaca oleh komputer agar bisa berjalan. lumayan ribet ya

nah, kl 3 gl?
katanya lagi ni, 3gl ni bahasa pemograman yang didesain agar bisa lebih mudah dimengerti oleh manusia termasuk hal-hal yang disebut variabel. banyak 3gl yang mendukung pemograman struktural. contohnya BASIC, C, C++, Java dan sejenisnya.

oo gitu toh ternyata, tetapi si aku tetap gak ngerti.....................

No comments:

Post a Comment